Artikel

MMD Guna Menyiapkan Desa Siaga

22 November 2018 17:33:55  Admin  971 Kali Dibaca  Berita Desa

http://www.tuwirikulon-merakurak.desa.id/  UPTD Puskesmas Temandang mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Balai Desa Tuwiri Kulon Kecamatan Merakurak, Rabu 21 November 2018.

Acara yang membahas kendala-kendala masyarakat dalam menjaga kesehatan ini dihadiri oleh Pemerintah Desa beserta masyarakat desa setempat. Tujuan MMD guna menyiapkan Desa Siaga dengan mengenal, mengumpulkan data, mengkaji masalah kesehatan yang ada di desa.

Ada 29 Kepala Keluarga (KK) yang digunakan sebagai sampling untuk mengetahui masalah kesehatan di dalam masyarakat dengan menggunakan Survey Mawas Diri (SMD) melalui perhitungan Isaac Michael.

Bidan Desa, Suherlina , menjelaskan, berdasarkan survey yang dilakukan ada 5 masalah yang ditemukan, yaitu, pengelolaan sampah rumah tangga, minum obat yang tidak teratur bila sakit, penyuluhan bahaya rokok kepada masyarakat dan anak sekolah, lantai rumah masih tanah, dan mengkonsumsi air mentah.

Berdasarkan hasil survey, pihak puskesmas akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya hidup sehat. Diharapkan masyarakat dapat mandiri dalam mengatasi masalah kesehatan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Tuwiri Kulon

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Info Media Sosial