Artikel

Bulan Vitamin A dan Kegiatan Posyandu Desa Tuwirikulon

17 Februari 2022 09:30:48  Admin  99 Kali Dibaca  Berita Desa

http://www.tuwirikulon-merakurak.desa.id/

Bertempat di kantor Desa, kader posyandu Desa Tuwirikulon melakukan imunisasi pada balita, selasa (15/1). Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setip bulan, meliputi imunisasi, penimbangan berat badan, dan pengukuran tinggi badan.

Dimasa pandemi covid-19, kegiatan ini tetap berjalan sesuai jadwal dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan covid-19.

Kegiatan posyandu bulan februari ditambah dengan pemberian sumplemen vitamin A, guna mencukupi asupan vitamin A yang diperlukan oleh tubuh. Selain februari, bulan Agustus juga menjadi bulan vitamin A. Karena di bulan tersebut saat kegiatan posyandu akan dibagikan suplemen vitamin A secara gratis untuk balita.

Di kedua bulan ini anak bisa mendapatkan berupa suplementasi vitamin A Kapsul Biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan Kapsul Merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan.

Dilansir dari promkes.kemkes.go.id suplemen vitamin A memiliki banyak manfaat untuk anak. Yaitu, Vitamin A/retinol terlibat dalam pembentukan, produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh.

Adapun vitamin A juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Sedangkan apabila anak kekurangan vitamin A maka anak bisa menjadi rentan terserang penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare. Dan bisa menjadi masalah pada mata, seperti degenerasi makula, mata kering, penurunan fungsi penglihatan, dan kelainan kornea yang disebut xerophthalmia.

Kapsul vitamin A ini bisa didapatkan di fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Pustu, Poskesdes/Polindes, Balai Pengobatan, Praktik Dokter, Bidan Praktik Swasta atau Posyandu dengan gratis.

Sekadar informasi, Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Berbeda dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan.

Ayooo…datang ke Posyandu, dan berikan vitamin A untuk anak generasi bangsa !!!

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Tuwiri Kulon

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Info Media Sosial